Proyek Tol Jatiasih - Sadang Masuk Tahap Persiapan Lelang

Ameidyo Daud Nasution
16 Desember 2016, 13:48
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Selain membangun tol Jakarta - Cikampek II, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga berniat untuk membangun ruas tol Jatiasih – Sadang. Proyek ruas tol sepanjang 62 kilometer dari Kota Bekasi hingga Kabupaten Purwakarta itu kini masih dalam tahap persiapan lelang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menyatakan, pembangunan jalan tol tersebut rencananya akan dimulai pada 2018 mendatang. Jasa Marga pun telah mengajukan proposal proyek. "Sebelumnya pernah diajukan tapi kita masih minta perbaikan pada dokumen tersebut," kata Herry pada wartawan di Jakarta.

(Baca juga: Pemerintah Kaji Swasta Danai Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya)

Saat ini, BPJT pun masih menunggu dokumen persiapan proyek tersebut dari Jasa Marga. Apabila dokumen tersebut sudah disetujui maka akan menjadi pegangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengusulkan penetapan lokasi kepada Provinsi Jawa Barat.

Herry menjelaskan setelah lokasi, jajarannya akan segera melakukan lelang terbuka. Kemungkinan proses ini akan dimulai awal tahun depan. "Seharusnya lelang waktunya 5 bulan sampai dengan ada pemenang," katanya. Sesudahnya, baru proses pembebasan lahan akan dimulai.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...