Pekan Depan, Pemerintah Putuskan Nasib Kontrak 8 Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
20 Desember 2016, 10:52
Rig Minyak
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera memutuskan nasib delapan blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir masa kontraknya dalam dua tahun ke depan. Rencananya, pekan depan sudah ada keputusan terhadap nasib kontrak blok-blok tersebut.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi I.G.N Wiratmaja Puja menyatakan sedang mempersiapkan dokumen terhadap delapan blok migas yang akan habis kontrak itu. "Tinggal nanti ditandatangani Pak Menteri," katanya kepada Katadata di Jakarta, Senin (19/12).

(Baca: Hitung-Hitungan Skema Baru Kontrak Migas Gross Split)

Berdasarkan data Kementerian ESDM, delapan blok yang akan berakhir masa kontraknya dalam dua tahun ke depan itu antara lain Blok Tuban, Blok Ogan Komering, Blok Sanga-Sanga, Blok South East Sumatera (SES). Ada juga Blok B dan Blok NSO di Aceh yang dikelola oleh anak usaha Pertamina. Kemudian Blok Tengah dan Blok East Kalimantan.

Menurut Wiratmaja, ada beberapa kontraktor masih berminat mengelola blok migasnya setelah masa  kontraknya berakhir tahun 2018. Beberapa di antaranya adalah CNOOC di Blok SES, Vico di Blok Sanga-Sanga, dan Pertamina di Blok B, NSO dan Ogan Komering. Selain itu, Pertamina juga berniat mengambil alih kelola Blok East Kalimatan dan Sanga-Sanga.

(Baca: Alih Kelola Blok East Kalimantan Terganjal Dana Pasca Tambang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...