Tahun Depan, Garuda dan Citilink Targetkan 40 Juta Penumpang

Miftah Ardhian
20 Desember 2016, 18:05
Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

PT Garuda Indonesia (Persero) dan anak perusahaannya yakni PT Citilink (Persero) menargetkan jumlah penumpang mencapai 40,4 juta pada tahun depan. Angka tersebut naik 22,42 persen dibanding perkiraan jumlah penumpang tahun ini yakni 33 juta.

"Tahun ini targetnya 36 juta penumpang. Tapi dapatnya kira-kira sekitar 33 juta penumpang," kata Direktur Utama Garuda Arif Wibowo saat ditemui di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.

Di kantor tersebut, Arif menuturkan, dirinya menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk memberikan outlook kinerja Garuda pada tahun depan. Ia menyebutkan, target untuk Garuda sebanyak 27 juta penumpang dan Citilink sebesar 13,4 juta penumpang. Sehingga, total penumpang kedua maskapai penerbangan tersebut sebanyak 40,4 juta penumpang.

(Baca juga: Incar Turis India, Garuda Buka Rute Jakarta – Mumbai)

Selain itu, Arif menjelaskan, tahun depan dirinya juga menargetkan pertumbuhan kapasitas kedua maskapai tersebut sebesar 13 persen. Target itu dipasangkannya setelah melihat proyeksi pertumbuhan penumpang dari Cina mencapai 50 persen, Timur Tengah tumbuh 21 persen, dan domestik di wilayah Timur yang akan tumbuh 12 persen, serta wilayah Barat yang akan tumbuh sembilan persen.

Target pertumbuhan itu dengan mengasumsikan harga bahan bakar sebesar 50 sen per liter. “Kalau pertumbuhan revenue belum bisa disampaikan," ujar Arif.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...