Pengusaha Optimistis Ekonomi 2017 Tumbuh 5–5,2 Persen

Image title
21 Desember 2016, 07:00
Properti gedung
Arief Kamaludin|KATADATA

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memproyeksikan perekonomian Indonesia akan tumbuh sekitar 5,0 persen hingga 5,2 persen pada tahun 2017. Proyeksi tersebut didasari pertimbangan atas kondisi ekonomi global maupun dinamika dalam negeri.

“Prediksi kami kurang lebih hampir sama dengan pemerintah yang di angka 5,1 persen,” kata Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, Selasa, 20 Desember 2016.

Menurut Hariyadi, kondisi global akan berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan. Beberapa perkembangan positif yang dicermatinya adalah mulai membaiknya harga komoditas, juga tren pemulihan ekonomi Eropa serta Amerika Serikat yang terus berjalan.

(Baca juga: Utang Luar Negeri US$ 323,2 miliar, Diprediksi Melambat Sampai 2017

Sebaliknya, Apindo juga mengantisipapsi beberapa faktor yang dapat berpengaruh negatif bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Di antaranya adalah kemungkinan Amerika Serikat melakukan proteksi saat Donald Trump menjabat sebagai presiden. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Cina juga diprediksi masih akan melambat. “Kondisi kedua Negara ini penting diperhatikan, sebab mereka adalah mitra dagang utama kita,” kata Hariyadi.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...