Jokowi: Pos Lintas Batas Negara Sudah 5 Kali Lebih Baik

Safrezi Fitra
22 Desember 2016, 11:52
Pos Lintas Batas Negara
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (21/12)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan salah satu program prioritas pemerintahannya adalah pembangunan dari pinggiran. Pemerintah akan terus melakukan pembenahan daerah terluar Indonesia, diantaranya perbaikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Dia menceritakan pengalamannya saat pertama kali mengunjungi PLBN Entikong, di Provinsi Kalimantan Barat. Kondisi PLBN di wilayah ini dinilai tidak layak pakai. Sangat jauh tertinggal dengan kondisi PLBN yang ada di negara-negara tetangga.

"Ini masalah kebanggaan, masalah nasionalisme, masalah martabat dan harga diri kita. Kalau saya tidak mau seperti itu. Di sana saya bisa melihat, yang di sebelah sangat megah, yang di kita sangat jelek sekali,” kata Jokowi. (Baca: Cerita Jokowi dari Miangas, Pulau Paling Utara Indonesia)

Dua tahun lalu presiden memerintahkan jajarannya untuk membangun kembali PLBN Entikong agar lebih baik dari PLBN Malaysia yang lokasinya berdekatan. Hasilnya, saat meresmikan pos ini kemarin (21/12), dia melihat langsung perubahan yang ada setelah pembangunan ini. PLBN Entikong sebagai teras rumah Indonesia, kini tampak megah dan bisa menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

"Saya minta dua kali lipat (lebih baik). Tadi saya lihat, berani sombong kita. (Ternyata) lima kali lebih baik dari sekarang. Tidak percaya? Silahkan ke Entikong," kata Jokowi, dalam keterangannya saat menghadiri Hari Ulang Tahun Partai Hanura ke-10 dan Pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), di Kantor DPP Hanura Jalan Mabes Hankam, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/12).

Jokowi menyatakan puas terhadap pembangunan PLBN Entikong. Namun dia juga mengaku proses pembangunan tidaklah berhenti pada tahap ini. Pemerintah masih akan terus membangun infrastruktur penunjang lainnya seperti jalan raya, agar kawasan tersebut menjadi semakin lebih baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...