Pertamina - Saudi Aramco Bikin Perusahaan Patungan Kilang Cilacap

Anggita Rezki Amelia
22 Desember 2016, 17:09
kilang cilacap
Katadata

PT Pertamina (Persero) dan Saudi Aramco akhirnya resmi membentuk perusahaan patungan (Joint Venture/JV) dalam membangun Kilang Cilacap di Jawa Tengah. Adapun dalam perusahaan patungan ini, Pertamina tetap memegang hak kelola mayoritas yakni sebesar 55 persen, sedangkan sisanya dimiliki Aramco.

Adapun dalam susunan direksi di perusahaan patungan tersebut terdiri dari tiga direksi dari Pertamina dan dua direksi dari Saudi Aramco.  "Ini kado dari Saudi Aramco ke kita, mereka menantang kilang bisa selesai 2021,"  kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam konferensi pers usai penandatanganan JV dengan saudi aramco di Pertamina.

Advertisement

Dwi menyatakan, kedua perusahaan berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian proses Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Kilang Cilacap pada 2021 atau lebih cepat setahun dari target sebelumnya.

(Baca juga: Uji Coba Minyak Iran di Kilang Cilacap Terhambat Proses Negosiasi)

Dwi merinci, ada beberapa tahapan yang akan dikerjakan kedua perusahaan dalam mempercepat pembangunan Kilang cilacap. Pertama, melakukan proses persiapan desain dasar atau basic design engineering (BED). Proses ini berlangsung di Inggris dan ditargetkan akan selesai pada Februari 2017.  Kedua, Perusahaan patungan akan menguji kelayakan aspek perbankan (bankable feasibility study/BFS).

Ketiga, jika dalam proses uji BFS  proyek kilang Cilacap dinyatakan layak, maka akan dilanjutkan dengan proses Front End Engineering Design (FEED), proses ini ditargetkan rampung hingga Februari 2018. Adapun dalam proses FEED, akan dilakukan kegiatan paralel lainnya seperti persiapan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), persiapan lahan dan pelelelangan EPC pada tahun depan. "Kita targetkan groundbreaking akhir 2017," ujar dia. Dengan demikian mulai 2018 proses konstruksi akan dilakukan dan ditargetkan pada 2021.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement