Pengeboran Sumur Migas Tahun Depan Bakal Lebih Sedikit

Anggita Rezki Amelia
25 Desember 2016, 10:00
migas
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan usaha Hulu Migas dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebutkan kegiatan pengeboran  sumur eksplorasi yang akan dilakukan kontraktor di blok produksi tahun depan hanya 25 sumur. Jumlah ini menurun dibandingkan Rencana Kerja dan Anggaran (WP&B) 2016 sebanyak 40 sumur dan terealisasi 36 sumur.

"25 Sumur ini yang benar-benar firm bisa dikerjakan KKKS, apalagi ini di blok produksi yang masuk dalam cost
recovery
," kata Kepala Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus dalam konferensi pers mengenai kinerja migas tahun 2016, di Jakarta, Jumat (23/12). (Baca: Harga Minyak Naik, Target Investasi Hulu Migas 2017 Meningkat)

Advertisement

Dia mengatakan penurunan kegiatan pengeboran ini seiring dengan rendahnya anggaran yang disiapkan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) untuk 2017. Rendahnya harga minyak dunia dalam beberapa waktu terakhir menjadi penyebab kontraktor mengurangi kegiatan eksplorasi.

Sebenarnya, secara total SKK Migas mencatat ada kenaikan rencana investasi hulu migas untuk tahun depan. Dalam WP&B 2017, target investasi hulu migas sebesar US$ 13,5 miliar, lebih tinggi dari tahun ini yang hanya US$ 11,9 miliar. (Baca: 2017, Seluruh Izin Migas Gunakan Sistem Online)

Namun, peningkatan investasi ini tidak Nampak pada kegiatan pengeboran. Pengeboran sumur pengembangan ditargetkan tetap 223 sumur. Rencana program kerja ulang mencapai 860 kegiatan, lebih rendah dari proyeksi tahun ini 1.261 kegiatan. Sementara rencana program perawatan sumur naik menjadi 57.512 kegiatan dari proyeksi tahun ini 39.481 kegiatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement