Jokowi Resmikan Tiga Proyek Pembangkit Panas Bumi Rp 6 Triliun

Miftah Ardhian
27 Desember 2016, 14:02
Geothermal Kamojang
Katadata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian tiga proyek infrastruktur pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) milik PT Pertamina (Persero). Ketiga pembangkit itu meliputi  PLTP Lahendong unit 5 dan 6 berkapasitas 2 x 20 MW di Tompaso, Sulawesi Utara, dan PLTP Ulubelu unit 3 berkapasitas 1 x 55 MW. Total nilai ketiga proyek itu sebesar Rp 6,18 triliun.

Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto menjelaskan, pembangunan PLTP Lahendong unit 5 dan 6 menghabiskan dana sekitar US$ 282,07 juta atau setara dengan Rp 3,3 triliun. Dua proyek itu secara berturut-turut sebenarnya ditargetkan rampung pada Desember ini dan Juni 2017, sejak mulai dikerjakan pada 5 Juli 2015.

Namun, dua proyek tersebut bisa diselesaikan lebih cepat, yakni masing-masing pada 15 September lalu atau lebih cepat tiga bulan dan 9 Desember lalu atau lebih cepat enam bulan. (Baca: Perusahaan Prajogo Beli Aset Chevron di Indonesia dan Filipina)

Menurut Dwi, pembangunan proyek PLTP Lahendong unit 5 dan 6  ini menggunakan skema total project, yakni proses pembangunannya hingga menghasilkan listrik. Proses pembangunannya menyerap tenaga kerja lokal sekitar 1.800 orang, dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 42,68 persen.

Penyelesaian dua proyek itu menambah kapasitas pembangkit di Area Lahendong  menjadi 120 Mega Watt. Selain itu, memperkuat sistem ketenagalistrikan di Minahasa Sulawesi Utara, dengan teralirinya listrik kepada 240 ribu rumah tangga. 

Proyek ketiga yang diresmikan Jokowi adalah PLTP Ulubelu unit 3. Dwi mengatakan, proyek ini menelan investasi sebesar US$ 250 juta atau Rp 2,8 triliun, dengan menggunakan skema yang sama. (Baca: Pemerintah Prioritaskan PP Pemanfaatan Langsung Panas Bumi)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...