Pengoperasian Tiga Proyek Migas Molor ke Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
27 Desember 2016, 13:13
SKK MIgas
Arief Kamaludin|KATADATA
SKK MIgas

Pengoperasian tiga proyek fasilitas produksi minyak dan gas bumi (migas) tertunda ke tahun depan. Padahal tiga proyek migas tersebut merupakan bagian dari 13 proyek fasilitas produksi yang ditargetkan akan on stream atau berproduksi tahun ini.

Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Taslim Z. Yunus menyebutkan ketiga proyek ini adalah Wassambo, Simenggaris Gas Plant dan EPC-1 West Madura Offshore (WMO). "Jadi ada tiga itu yang delay ke tahun 2017," kata dia dalam konferensi pers kinerja satu tahun dan outlook 2017 SKK Migas Jakarta, Jumat (23/12).

(Baca: SKK Migas Akan Setujui 51 Pengembangan Lapangan Tahun Ini)

Dia menjelaskan penyebab ketiga proyek tertunda, lantaran pembangunan fasilitasnya belum selesai sepenuhnya. Dia mencontohkan operator proyek Wasambo, Energi Equity Epic Sengkang (EEES), yang masih menyelesaikan proyek fasilitas gas alam cair (LNG).

Faktor lain yang umumnya mempengaruhi keterlambatan beroperasinya suatu proyek disebabkan oleh adanya change order. Change order adalah perubahan pekerjaan pada suatu proyek konstruksi yang terdiri dari pengurangan volume, penambahan volume, pengurangan komponen pekerjaan, serta penambahan komponen pekerjaan.

"Change order ini kadang-kadang membuat perlu waktu yang agak lama dalam mengambil keputusan, karena menyangkut tambahan dana," kata Taslim. 

(Baca: Belum Dapat Pembeli, Pengembangan Blok Kasuri di Papua Terhambat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...