Sertifikat Diakui, Ekspor Budidaya Ikan 2017 Diharapkan Naik

Image title
30 Desember 2016, 09:08
susi
Arief Kamaludin|KATADATA

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPB-KKP) mengungkapkan pada 2017 sertifikat budidaya IndoGAP akan diakui secara internasional. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor produk perikanan budidaya.

“Diharapkan dengan pengakuan ini akan meningkatkan ekspor budidaya ikan sampai 20 hingga 30 persen,” kata Slamet Soebjakto Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB-KKP) di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Advertisement

IndoGAP merupakan pengendalian pembudidaya terhadap sistem produksi, dengan cara mendokumentasi dan menjaga catatan data atau informasi penting dari setiap tahap pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Catatan akan mencakup keamanan pangan, kesehatan hewan dan kesejahteraan, tanggung jawab lingkungan dan aspek sosial ekonomi. Pada tingkat implementasi dari sistem ketertelusuran ini juga mencakup monitoring residu dan pendistribusian obat ikan dan kimia.

(Baca juga:  Target Perikanan Budidaya Tak Tercapai, Pemerintah Salahkan Cuaca)

Slamet mengungkapkan saat ini sertifikat budidaya IndoGAP merupakan salah program prioritas pemerintah yang mendapat pantauan langsung dari Kantor Staf Presiden. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan pembentukan perangkat kelembagaan untuk sertifikasi sistem mutu yang nya merupakan penggabungan 2 sistem serfikasi yang telah ada yakni CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dan CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik).

“CPIB saja sekarang sudah diakui karena sudah ada (kerjasama) dengan FAO dan ASEAN yang semuanya ikut kaidah penilaian internasional,” kata Slamet.

Saat ini untuk sertifikasi budidaya belum bersifat independen alias masih dipegang sepenuhnya oleh pemerintah, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun ke depan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menjadikan IndoGAP independen karena memiliki auditor-auditor khusus di sektor pembenihan dan pembudidayaan.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement