Industri Kecil Targetkan Produksi Alas Kaki Senilai Rp 24,25 Triliun

Pingit Aria
4 Januari 2017, 12:05
Sepatu UMKM
Katadata | Donang Wahyu

Sepanjang 2016, investasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di sektor produksi alas kaki mencapai Rp 2,8 triliun. Dari jumlah itu, nilai produk yang dihasilkannya mencapai Rp 22,8 triliun.

“Kami memproyeksikan, nilai produksi sektor ini akan meningkat pada tahun 2017 sebesar Rp 24,25 triliun,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui siaran pers, Rabu (4/1).

Airlangga berjanji untuk terus memperhatikan IKM dalam negeri. Kemarin, ia menemui pelaku industri kecil dan menengah yang memproduksi alas kaki di di Desa Mekar Jaya dan Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Bogor.

Grafik: Kontribusi Industri Terhadap PDB Menurut Wilayah
Kontribusi Industri Terhadap PDB Menurut Wilayah

Ia menyampaikan, rata-rata nilai investasi yang ditanamkan pengusaha kecil dan menengah untuk menjalankan usaha produksi sepatu dan sandal sebesar Rp 37 juta. Sementara itu, untuk menghasilkan produknya, diperlukan bahan baku utama yang rata-rata bernilai Rp 6,5 juta dalam satu bulan.

Dari sana, nilai penjualan dari hasil industri ini rata-rata Rp 14 juta per bulan. “Dengan hasil produksi tersebut didapatkan nilai tambah rata-rata sebesar Rp 6,8 juta dalam satu bulan," kata Airlangga.

(Baca juga: Industri Kecil Bisa Ikut Lelang Pengadaan Barang Pemerintah)

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...