Infrastruktur BBM Satu Harga Sudah Tersedia di Enam Lokasi

Anggita Rezki Amelia
5 Januari 2017, 19:40
SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

Pembangunan infrastruktur pendukung program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga telah rampung di enam lokasi dari target 22 lokasi. Infrastruktur tersebut berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau Agen Premium Minyak Tanah dan Solar (APMS).  

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi mengatakan, enam infrastruktur tersebut terletak di Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, NTB, dan NTT. Saat ini, semua infrastruktur itu sudah beroperasi. (Baca: Pertamina Naikkan Lagi Harga BBM Non-Subsidi Rp 300)

Menurut Afandi, Pertamina berusaha menyelesaikan pembangunan infrastruktur dari sisa target yang ditentukan. Harapannya, pembangunan infrastruktur BBM satu harga di 22 lokasi bisa rampung seluruhnya tahun ini. "Targetnya bisa beroperasi di 2017," kata dia di Jakarta, Rabu (4/1).

Dalam pembangunan infrastruktur ini, Pertamina bekerja sama dengan penyalur di daerah. Jadi, Pertamina akan memberikan pasokan BBM kepada penyalur. Kemudian pembangunan infrastruktur dan penjualan dilakukan oleh penyalur tersebut.

Pertamina tidak menutup kemungkinan menambah infrastruktur lagi di beberapa lokasi. Bahkan, Afandi menyebutkan jumlah tersebut bisa terus bertambah hingga mencapai 108 lokasi. (Baca: Pertamina Pastikan Jual BBM ke PLN Tanpa Perantara)

Sementara itu, APMS yang dikelola Pertamina dan mitranya sampai saat ini berjumlah 5.500 titik. Tiap tahun, jumlah tersebut akan terus bertambah  sekitar 200 titik lokasi. "22 Lokasi yang dibangun tahun ini termasuk dari 200 titik lokasi," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...