Kereta LRT Cawang-Cibubur Siap Beroperasi Maret 2019

Maria Yuniar Ardhiati
9 Januari 2017, 11:40
Kereta LRT
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah tengah memacu proyek pembangunan kereta ringan berbasis rel atau Light Rail Transit (LRT) di kawasan Jabodetabek. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, masyarakat dapat mulai menggunakan LRT Jabodebek untuk ruas-ruas tertentu pada Maret 2019.

Saat ini, perkembangan proyek tersebut secara teknis sudah mencapai 12 persen. "Kami harapkan LRT selesai pada pertengahan 2018 untuk infrastruktur," ujar Budi dalam penjelasan tertulisnya, Minggu (8/1).

Advertisement

Kemudian, pada delapan bulan selanjutnya akan dimanfaatkan untuk menyelesaikan proses instalasi (installment), sistem, dan rolling stock. Alhasil, proyek LRT Jabodetabek jalur Cawang-Cibubur siap beroperasi pada Maret 2019. (Baca: Proyek LRT Dibiayai APBN, Adhi Karya Cari Utang Rp 10 Triliun)

Budi menjelaskan, proyek pembangunan LRT itu sudah memanfaatkan teknologi terbaru Precast. Sedangkan pengerjaan rute Cawang - Cibubur tersebut memakai teknologi U-Shape Girder dengan panjang 30 meter. Ia mengklaim teknologi itu baru digunakan di beberapa negara Asia, yaitu Cina, Hong Kong, Singapura, dan Jepang.

Selain lintasan kereta, pembangunan LRT tersebut juga dilengkapi kabel telepon serta serat optik(Baca: MRT dan LRT Mahal, Pemerintah Diminta Pertimbangkan Moda Lain)

Sebagai moda angkutan massal ringan, LRT akan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya, yaitu Bogor, Depok, dan Bekasi. Pembangunan tahap awal dilakukan hingga Cibubur. Selanjutnya, kontruksi berlanjut hingga Bogor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement