Menteri Perindustrian Resmikan Pabrik Keramik Senilai Rp 300 Miliar

Pingit Aria
10 Januari 2017, 10:18
Kementerian_Perindustrian_Indonesia.jpg

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto  meresmikan pabrik keramik senilai Rp 300 miliar di Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik milik PT Arwana Citramulia itu berkapasitas 8 juta meter persegi per tahun.

“Kami memberikan apresiasi kepada PT. Arwana Citramulia Tbk. yang melakukan kontribusi terhadap industri keramik nasional dengan pembangunan pabrik barunya,” kata Airlangga melalui siaran persnya, Senin (9/1).

Advertisement

Airlangga menyatakan, industri keramik nasional menunjukkan kinerja positif melalui nilai penjualan yang tumbuh sekitar 10-15 persen per tahun. Saat ini, kapasitas produksi terpasang ubin keramik nasional sebesar 580 juta meter persegi.  Dari jumlah itu, realisasi produksi ubin keramik mencapai 350 juta meter persegi pada tahun 2016.

(Baca juga:  Bernilai Rp 1.400 Triliun, Industri Makanan Diprediksi Tumbuh 8 Persen)

Menurut Airlangga, sebanyak 87 persen produksi keramik nasional di pasarkan di dalam negeri. Sementara sisanya di ekspor ke negara-negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika. “Produksi keramik nasional, antara lain ubin, tableware, sanitari, genteng (rooftile),” katanya.

Menurutnya, industri keramik di Indonesia merupakan salah satu kelompok sektor yang diandalkan sebagai penggerak kinerja industri nasional selama 25 tahun terakhir. Selain itu juga menjadi salah satu industri unggulan karena dukungan ketersediaan bahan baku berupa sumber daya alam yang tersebar di wilayah Indonesia.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement