CSIS: Kebijakan Trump Bisa Buat Rupiah Tertekan Tahun Ini

Miftah Ardhian
11 Januari 2017, 15:07
Pertumbuhan Ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA
Pembangunan gedung perkantoran di Jakarta

Ketua Direktur Ekonomi Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan, ada dua faktor utama yang akan menjadi penghambat perkembangan ekonomi di Indonesia di 2017 ini. Keduanya berasal dari kebijakan ekonomi global dan faktor internal atau domestik.

Yose menjelaskan, faktor global yang paling perlu dicermati adalah kebijakan ekonomi Amerika Serikat (AS) pasca terpilihnya Donald Trump. Beberapa kebijakan Trump disinyalir akan membuat Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) menaikan suku bunganya secara signifikan pada tahun ini.

Hal tersebut menyebabkan arus keluar dana (capital outflow) di negara berkembang, termasuk Indonesia. "Kebijakan Trump yang akan melakukan ekspansi, pengurangan pajak, dan proteksionisme membuat mudiknya dolar Amerika akan terasa," ujar Yose saat konferensi pers di gedung Pakarti Center, Jakarta, Rabu (11/12).

(Baca juga:  Rapor 2016 Pemimpin Asia, Jokowi Mencetak Nilai Biru)

Bagi Indonesia, kata Yose, hal tersebut akan berdampak kepada pendapatan negara. Sebab, kenaikan suku bunga The Fed, menyebabkan premi yang harus dibayarkan Indonesia menjadi lebih besar ketika mengeluarkan Surat Utang Negara (SUN). Imbal Jasa (yield) pun akan terus bergerak naik, sehingga ruang moneter untuk menurunkan suku bunga nasional menjadi semakin sempit. Hal ini juga akan membuat Rupiah semakin tertekan dengan adanya penguatan nilai tukar dolar Amerika.

Lebih lanjut, Yose menjelaskan, peluang Indonesia untuk memperoleh investasi dari negara lain (Foreign Direct Investment/FDI) khususnya dari AS akan semakin berat. Yose mencontohkan, dampak retorika kebijakan Trump ini telah membuat perusahaan sekelas Ford membatalkan investasinya di Meksiko dan lebih memilih untuk kembali berinvestasi di AS. “Alhasil, pemerintah harus terus berbenah diri untuk memperbaiki kemudahan investasi di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan faktor internal atau domestik, Yose menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang bisa menyandera perkembangan ekonomi Indonesia. Yang paling utama adalah stabilitas politik dan perubahan sosial di masyarakat.

Grafik: Cadangan Devisa dan Nilai Tukar Rupiah Des 2015-Des 2016
Cadangan Devisa dan Nilai Tukar Rupiah Des 2015-Des 2016

Belakangan ini, Yose menilai, stabilitas politik dan sosial sedang mengalami gejolak akibat isu-isu terkait suku, agama dan ras (SARA). Hal tersebut menyebabkan resiko investasi meningkat, yang menyebabkan minat investor untuk berinvestasi di Indonesia akan menurun.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...