Pemerintah Tugaskan Bulog dan PPI Operasi Pasar Cabai

Image title
12 Januari 2017, 13:26
Cabai
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan kunjungan ke pasar-pasar yang ada di Jakarta. Kunjungan dilakukan untuk memantau perkembangan harga pangan dan operasi pasar untuk menekan tingginya harga cabai rawit merah.

Operasi pasar akan dilakukan melalui dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Operasi pasar Bulog sudah masuk, PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) juga sudah masukkan cabe rawit merah,” kata Enggar di di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (12/1/2016).

Advertisement

Enggar mengatakan, kedua perusahaan pelat merah itu telah memasok cabai rawit merah ke pedagang dengan harga Rp 60 ribu per kilogram. Angka itu lebih rendah dari anjuran pemerintah, yakni Rp 65 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram.

(Baca juga: Importir Hortikultura Bakal Diwajibkan Serap Buah dan Sayur Lokal)

Hari ini, rata-rata harga cabai rawit merah di Jakarta masih mencapai Rp 118.300 per kilogram. Harga cabai rawit terendah terpantau di Pasar Induk Kramatjari sebesar Rp 99 ribu per kilogram. Sementara harga tertinggi yakni Rp 150 ribu per kilogram ada di Pasar Glodok.  

Tak hanya di Jakarta, operasi pasar juga dilakukan di berbagai daerah yang harga cabainya lebih dari Rp 100 ribu per kilogram.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement