Kembangkan Dua Bandara, Pemerintah Berniat Jual Saham Angkasa Pura

Miftah Ardhian
17 Januari 2017, 18:45
Bandara udara
Katadata

Pemerintah berencana menjual saham dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola bandara, yakni Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II. Hal ini dilakukan guna mendapatkan dana segar untuk mengembangkan Bandara Kualanamu, Medan dan Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Hanya saja, pemerintah tak akan membiayai keseluruhan proyek pengembangan kedua bandara tersebut, melainkan mengundang investor untuk terlibat. Mekanismenya adalah dengan menjual saham Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II.

Advertisement

"Kita melepas sekian persen saham, tapi yang pasti tetap minoritas. Investor akan memasukan uang ke dalam perusahaan, yang merupakan split dari Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, uang tadi akan jadi investasi untuk mengembangkan bandara Kualanamu dan Balikpapan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (17/1).

(Baca juga:  Garuda Incar Tiga Slot Penerbangan Jakarta – Tokyo – Los Angeles)

Modal yang masuk, menurut Budi, nantinya akan dialirkan untuk proyek pengembangan bandara. Pengembangan yang dimaksud adalah perbaikan sarana-prasarana, termasuk landasan pacu, sisi keamanan, dan terutama peningkatan teknologi aviasi.

Budi menyatakan bahwa jajarannya dan Kementerian BUMN telah berdiskusi mengenai rencana tersebut. Pemerintah menilai, pengembangan dua bandara ini perlu untuk menambah penghubung atau hub bagi penerbangan dari luar negeri ke Indonesia.

Grafik: Jumlah Bandara Per Negara (2016)
Jumlah Bandara Per Negara (2016)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement