Pertamina Siapkan Investasi Hulu Migas Rp 719 Triliun Hingga 2025

Anggita Rezki Amelia
17 Januari 2017, 20:27
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana sebesar US$ 112 miliar untuk pengembangan usahanya hingga tahun 2025. Dari jumlah tersebut, hampir separuhnya, yakni US$ 54 miliar atau setara Rp 719,7 triliun, dialokasikan untuk investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) serta panas bumi (geothermal).

Vice President  Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, salah satu penggunaan dana US$ 54 miliar ini untuk investasi blok migas yang tengah diincar Pertamina. "Dana tersebut untuk mengakuisisi, ambil alih blok terminasi, merger dan lain-lain untuk sektor upstream, " kata dia di Jakarta, Selasa (17/1).

Advertisement

(Baca: Tak Dapat Insentif, ExxonMobil Bahas Proyek Tiung Biru dengan Mitra)

Di dalam negeri, Pertamina sudah mengirimkan proposal kepada pemerintah terkait alih kelola sembilan blok migas yang akan berakhir masa kontraknya. Kesembilan tersebut adalah Blok Attaka, Blok Sanga-sanga, Blok East Kalimantan, Blok NSB, Blok A, Blok Tengah, Blok Ogan Komering, Blok Tuban, dan Blok South East Sumatera (SES).

Pertamina mencatat, pertama, Blok Attaka akan habis kontrak pada 31 Maret 2017.  Produksi migas blok tersebut pada 2015 berkisar 4,5 kboepd. Sedangkan pada tahun yang sama cadangannya mencapai 2,4 mmboe. Blok tersebut saat ini dikelola oleh Chevron Indonesia dan Inpex dengan hak kelola masing-masing 50 persen.

Kedua,  Blok Sanga-Sanga yang dikelola oleh VICO Indonesia. Virginia Indonesia Co memiliki hak pengelolaan 7,5 persen, Saka Energi 26,25 persen, Lasmu Sanga-Sanga 26,25 persen dan OPICOIL Houston Inc 40 persen. Cadangan minyak blok ini 13.232 mtsb dan gas 448,96 bscf. Pertamina pernah menyatakan ketertarikannya mengelola Blok Sanga-Sanga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement