Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi Tahun Ini

Miftah Ardhian
20 Januari 2017, 11:31
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Foto udara proyek pembangunan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya Seksi I, Selasa (17/1)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis dapat segera mengoperasikan tiga ruas jalan tol Trans Sumatera. Keyakinan ini muncul karena sudah ada kemajuan yang sangat signifikan dari perkembangan ruas jalan tol yang termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono mengatakan, pembangunan jalan tol Trans Sumatera ini sudah mencatat kemajuan yang cukup signifikan. Pembebasan lahan untuk keseluruhan ruas tol ini  mencapai 62 persen. Bahkan, terdapat tiga ruas tol yang rencananya bisa dioperasikan dalam tahun ini.

Basuki merinci, ketiga ruas jalan tol Trans Sumatera yang akan segera beroperasi tersebut. Pertama, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung. Namun, dia tak menyebutkan secara pasti waktu pengoperasian ruas tol itu. (Baca: Dana Pembebasan Lahan Proyek Strategis Kurang Rp 8,2 Triliun)

Kedua, ruas tol Palembang-Indralaya ditargetkan beroperasi pada Juni 2017. "Selain itu, ada ruas tol Medan-Binjai yang akan dioperasikan juga pada tahun 2017 ini," ujar Basuki di Jakarta, Kamis (19/1).

Selain itu, dia menyatakan, Kementerian PUPR akan mempercepat pengerjaan ruas tol Pekanbaru-Dumai. Harapannya, tidak lama lagi Presiden Joko Widodo akan mengunjungi ruas tol tersebut guna mempercepat pembangunannya. (Baca: Perusahaan Sandiaga Uno Jual Saham Tol Cipali ke Grup Astra)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...