Jokowi Larang Alih Fungsi Lapangan Sepak Bola di Kampung

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2017, 20:36
Lapangan bola
ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar lapangan sepak bola di kampung-kampung yang ada tidak dialihfungsikan menjadi area komersil. Bahkan dirinya meminta jumlah lapangan sepak bola seperti itu ditambah.

Hal ini dikatakan Jokowi saat rapat terbatas pembangunan sepak bola nasional. Ketersediaan lapangan bola disebut Jokowi merupakan salah satu syarat infrastruktur pengembangan sepak bola.

"Jadi jangan sampai ada alih fungsi dan lapangan sepak bola dipertahankan sebagai ruang publik," kata Jokowi usai rapat yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/1).

(Baca juga: Jokowi Minta Harga Gas untuk 4 Industri Ini Segera Diturunkan)

Dalam rapat tersebut, Jokowi juga meminta pembinaan sepak bola secara dini dapat digalakkan. Oleh sebab itu dia meminta sekolah sepak bola (SSB) maupun kompetisi sepak bola usia dini dapat diperbanyak. "Jangan harap kita dapat bersaing apabila (pembinaan) usia dini kita lupakan," katanya.

Selain itu pembenahan total terhadap tata kelola kompetisi sepak bola nasional agar lebih profesional dan menjunjung tinggi fair play juga diperlukan. Jokowi mengatakan sistem kompetisi yang terorganisir dengan baik secara otomatis akan memunculkan bibit-bibit sepak bola yang mumpuni.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...