Kejar 15 Juta Turis Asing, Kementerian Pariwisata Fokus ke ASEAN

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2017, 15:47
Wisatawan Asing
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
Wisatawan asal Guangzhou Cina berkunjung di Klenteng Kwan Kong, Manado Sulawesi Utara, Sabtu (21/1).

Kementerian Pariwisata menyatakan tahun ini akan fokus menggenjot wisatawan asing, khususnya dari kawasan Asia Tenggara tahun ini. Salah satunya dengan memanfaatkan helatan Asean Tourism Forum (ATF) 2017 yang baru saja digelar di Singapura untuk memasarkan destinasi wisata di Indonesia.

"Poinnya kami memperkuat Asean Single Destination," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/1). (Baca: Indonesia Kedatangan 10,41 juta Turis Asing, Terbanyak dari Cina)

Advertisement

Dia mengatakan tahun ini pemerintah  menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia mencapai 15 juta kunjungan. Target ini naik 25 persen dibandingkan target kunjungan wisatawan mancanegara tahun lalu yang hanya 12 juta kunjungan.

Menurutnya, jika mengandalkan pertumbuhan normal, jumlah kunjungan wisatawan asing naik sekitar 12 persen tahun ini, yakni hanya mencapai 13,5 juta. Artinya Kementerian Pariwisata harus bekerja lebih keras untuk bisa mengejar 1,5 juta kunjungan wisatawan dari luar negeri. (Baca: Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata, Pelni Siapkan Kapal Pesiar)

Meski begitu, Arief optimistis target akan tercapai dengan menggenjot wisatawan dari ASEAN. "Masih aman memang (targetnya), tapi tetap kami akan cari sisanya di sisa 11 bulan ini. Jadi 42 persen (tambahan kunjungan wisatawan asing) dari Asean," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement