Garam Kini Bisa Jadi Jaminan Kredit Bank

Image title
30 Januari 2017, 20:00
Garam
BKPM
Kepala BKPM Thomas Lembong berkunjung ke sentra produksi PT Garam (Persero) di Kupang, Nusa Tenggara Timur

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal membangun enam gudang untuk menyimpan hasil produksi garam rakyat di berbagai daerah pada tahun 2017.

"Gudang Garam Nasional (GGN) ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan keberpihakan pemerintah terhadap para petambak garam dalam menjaga stabilitas harga dan stok garam nasional," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Senin, 30 Januari 2017.

Advertisement

Keenam gudang untuk menyimpan hasil produksi garam rakyat itu akan dibangun di Rembang, Brebes, Sampang, Demak, Tuban dan Kupang. Gudang-gudang ber standar nasional Indonesia (SNI) ini juga memberlakukan sistem resi yang dapat dijadikan agunan bank.

(Baca juga:  Menteri Susi Akan Bagikan 2.090 Kapal Nelayan Tahun Ini)

Untuk anggaran, masing-masing gudang berkapasitas 2 ribu ton itu biaya pembangunannya bisa mencapai Rp 1,8 hingga Rp 2 miliar.

Sebagai informasi, pencapaian dari target produksi garam pada 2016 sebesar 3 juta ton, realisasi per akhir 2016 adalah 144.009 ton dan jumlah stok sampai akhir tahun 2016 sebanyak 112.671 ton. Diharapkan pada 2017 ini dapat mencapai target produksi garam sebesar 3,2 juta ton.

Sementara, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Bachrul Chairi menjelaskan bahwa resi gudang instrumen tunda jual dan pembiayaan perdagangan.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement