Cendikiawan Muslim: Jokowi Siap Jadi Pemodal Pertama Bank Wakaf

Desy Setyowati
1 Februari 2017, 22:00
Jokowi ICMI
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo saat menerima Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddqie dan para pengurusnya di Istana Merdeka, Jakarta, 23 Januari 2017.

Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) berancang-ancang segera meluncurkan bank wakaf ventura. Lembaga keuangan penampung uang wakaf masyarakat ini ditargetkan berdiri pada Juni mendatang atau sebelum Bulan Ramadan tahun ini. 

Menurut Wakil Bendahara ICMI Suhaji Lestiadi, Presiden Joko Widodo siap menjadi pemodal pertama bank wakaf. Bank ini direncanakan bermodal dasar Rp 1 triliun.

“Dalam pengelolaan lembaga keuangan, modal itu penting karena menjadi basis. Rumusnya 10 kali dari modal. Dengan adanya bank wakaf, Presiden menyatakan ingin jadi yang memodali pertama kali,” kata dia saat diskusi panel mengenai rencana pembentukan bank wakaf yang diselenggarakan oleh ICMI di Jakarta, Rabu (1/2).

(Baca juga: Pemerintah Bentuk Lembaga Wakaf Uang Tahun Ini)

Suhaji menjelaskan, nantinya organisasi masyarakat (ormas)—baik muslim ataupun non muslim—akan diorganisir untuk menjadi pemegang saham bank wakaf. Adapun sumber dana bank tersebut berasal dari uang wakaf yang sudah dikumpulkan oleh ormas yang juga menjadi pengelola dana wakaf (nadzir).

Dana wakaf akan digunakan untuk kegiatan produktif, yang keuntungannya akan disalurkan kepada orang yang berhak menerima wakaf (mauquf ‘alaih). Sedangkan dana yang berasal dari zakat juga akan disalurkan kepada badan atau individu yang berhak (mustahik).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...