Pemerintah Fokus Genjot Investasi di Tiga Sektor Tahun Depan

Ameidyo Daud Nasution
1 Februari 2017, 20:10
Aktifitas periijinan investasi BKPM
Arief Kamaludin|KATADATA
Aktifitas periijinan investasi BKPM di Jakarta, Jumat, (09/10).

Pemerintah akan fokus menggenjot investasi di tiga sektor industri pada 2018 mendatang. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan tiga sektor industri tersebut adalah industri pengolahan, pariwisata, serta pertanian.

Dalam pembahasan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 di Istana Negara hari ini. Bambang mengatakan pemerintah akan melakukan segala cara agar pertumbuhan investasi tahun depan bisa mencapai 8 persen dari normalnya hanya 5 hingga 6 persen.

Pertumbuhan investasi diharapkan juga dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi. "Akan jadi prioritas, jadi sampai penganggaran kita arahkan ke situ," kata Bambang usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/2).

(Baca juga: Amerika Berniat Perbarui Program Hibah untuk Indonesia)

Selain investasi, Bambang mengatakan pemerataan dan pemberantasan kemiskinan juga akan menjadi fokus pemerintah. Bambang mengatakan fokus pemerintah diberikan lantaran masih banyak masyarakat miskin yang belum mendapatkan kesempatan untuk keluar dari kondisinya.

"Dengan semakin besarnya anggaran pemerintah harusnya bisa diarahkan kepada 40 persen penduduk berpenghasilan rendah," katanya.

Bambang menjelaskan pemerintah memiliki 10 prioritas nasional yang akan disasar pada tahun depan. Oleh sebab itu dirinya akan memastikan agar seluruh program tersebut berjalan dengan terencana dan memiliki realisasi yang jelas. Seperti pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bambang berharap tidak ada lagi program yang hanya dikerjakan Kementerian dan Lembaga sendiri-sendiri.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...