Pemerintah Siapkan Bank Tanah di Perkotaan

Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2017, 10:57
Suasana lansekap pemukiman dan gedung bertingkat di Jakarta.
Arief Kamaludin|KATADATA

Kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah beberapa hari lalu akan mulai direalisasikan. Salah satu caranya dengan merekonsolidasikan lahan di wilayah perkotaan untuk dibangun tempat tinggal bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Menteri Agraria serta Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan rekonsolidasi lahan ditujukan kepada lahan kosong dan tidak digunakan, untuk dijadikan tabungan tanah. Bank lahan ini merupakan sasaran pemerintah untuk membangun perumahan rakyat.

Advertisement

(Baca: Pemerintah Tagih Proposal Land Bank dari Perusahaan Properti)

Di atas lahan ini nantinya akan dibangun hunian vertikal yang murah dan mampu menampung banyak orang. "Kami mau coba bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jadi kalau ada lahan kosong bisa dibangun beberapa hunian vertikal," kata Sofyan saat ditemui di Istana Negara, kemarin (1/2).

Saat ini pemerintah sedang melakukan pemetaan awal lahan seluas 4 hektare milik Perum Perumnas di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Di sebagian lahan ini sudah ada bangunan rumah susun lama dan beberapa lainnya masih kosong. Lahan yang kosong ini akan dikonsolidasikan untuk dibangun beberapa hunian vertikal baru.

Selain itu, ada juga beberapa bidang tanah di Sayidan, Kotamadya Yogyakarta, yang sedang dalam sengketa. Rencananya lahan ini juga akan dikonsolidasikan untuk menjadi bank tanah yang ditujukan bagi pembangunan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement