Sri Mulyani Harap Pulihnya Ekspor Tak Terganjal Amerika dan Cina

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2017, 21:00
Sri Mulyani
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap momentum bangkitnya ekspor Indonesia tidak terganjal kondisi global. DInamika global yang dimaksudnya adalah kondisi politik Amerika Serikat serta Eropa. Selain itu, Cina juga dinilai masih mengalami perlambatan ekonomi.

Ditemui usai rapat terbatas di kantor Kepresidenan, Sri mengatakan hal yang paling positif dari pertumbuhan ekonomi kuartal IV adalah membaiknya ekspor dan impor. Untuk diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut ekspor tumbuh positif sebesar 4,24 persen dari kuartal IV 2015 hingga kuartal yang sama tahun kemarin.

Advertisement

Oleh sebab itu, Sri berharap momentum positifnya impor ini tidak terganjal kondisi negara lain. "Kita harap momentum ini tidak terganggu hal-hal itu," kata Sri Mulyani, Senin (6/2).

(Baca juga:  Sempat Terpuruk, Bisnis Tambang Mulai Bangkit di Akhir 2016)

Pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02 persen juga disebut Sri sesuai dengan prediksinya. Hal ini mencerminkan momentum pertumbuhan tetap terjaga di tengah beberapa halangan terutama pemotongan anggaran pemerintah tahun lalu. "Itu karena penerimaan (negara) tidak tercukupi," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement