Anggota DPR Ingin Calon Dirut Baru Pertamina dari Internal

Anggita Rezki Amelia
9 Februari 2017, 20:17
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyoroti perombakan direksi PT Pertamina (Persero), terutama posisi direktur utama. Pemerintah melalui Kementerian BUMN memiliki waktu satu bulan untuk memilih dan mengangkat pemimpin baru perusahaan pelat merah tersebut.

Anggota Komisi VII DPR Dito Ganinduto merasa yakin Pertamina lebih tepat dipimpin oleh kalangan internal ketimbang dari luar perusahaan. Sebab, calon dari internal lebih mengetahui dan menguasai seluk-beluk Pertamina, terutama mengenai proyek-proyek besar yang tengah dijalankan perusahaan.

Advertisement

"Makanya saya mengharapkan Direktur Utama orang yang bekerja di dalam Pertamina," kata dia di sela-sela rapat Komisi VII DPR dengan Pertamina di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/2). (Baca: Calon Dirut Pertamina, Rini: Ada Potensi dari Luar Perusahaan)

Dia juga mengingatkan agar proyek-proyek Pertamina tidak terhambat akibat adanya perombakan manajemen, apalagi sampai berhenti di tengah jalan. Karena dampaknya sangat besar bagi pengembangan energi nasional

Dito mencontohkan, berhentinya proyek kilang, akan menguntungkan importir minyak dan ketahanan energi nasional terancam. "Apalagi saya dengar ada gerakan yang ingin gagalkan proyek ini," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement