Loloskan Ketua Komisi XI DPR, Pansel OJK Utamakan Integritas

Ameidyo Daud Nasution
9 Februari 2017, 07:00
OJK
Arief Kamaludin | Katadata

Politisi dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) termasuk dalam daftar 107 calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengikuti proses seleksi tahap kedua. Panitia seleksi (Pansel) tidak mempersoalkan latar belakang para calon, yang utama adalah faktor integritas.

Para politisi itu adalah politikus Partai Golkar Melchias Markus Mekeng yang kini menjabat Ketua Komisi Keuangan (Komisi XI) DPR serta politikus Fraksi PDI Perjuangan yang juga anggota Komisi Keuangan DPR Andreas Eddy Susetyo. Anggota Pansel, Darmin Nasution, mengatakan masuknya nama kedua anggota DPR itu masih sesuai dengan aturan.

Advertisement

Darmin juga belum mau menanggapi potensi benturan kepentingan yang akan muncul saat tahap uji kelayakan di DPR. Alasannya, pansel belum saatnya membahas potensi tersebut saat ini. Apalagi, pansel juga memiliki penilaian tersendiri terhadap setiap calon.

(Baca: Sri Mulyani Minta KPK dan PPATK Telusuri 107 Calon Bos OJK)

"Dalam aturan memang tidak ada (larangan) tapi harus dipahami bahwa pansel juga punya hak menilai," kata Darmin usai konferensi pers hasil seleksi tahap pertama calon anggota komisioner OJK di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/2).

Senada dengan Darmin, Ketua Pansel OJK Sri Mulyani mengatakan, tidak ada aturan yang melarang masuknya Ketua Komisi XI DPR sebagai calon komisioner OJK. Namun, dia mengingatkan salah satu bobot penilaian calon anggota Dewan Komisioner OJK adalah memiliki integritas. "Tetapi kami memang tidak melarang, hanya saja bobot pentingnya di situ (integritas)," ujarnya.

Ia juga mengatakan semakin beragam latar belakang calon yang lolos maka akan memberikan warna tersendiri saat Presiden Joko Widodo memutuskan 21 calon untuk diajukan kepada DPR. Selain dua anggota DPR itu, calon yang lolos memang terdiri dari berbagai latar berlakang.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement