Butuh Rp 287 T, Tembok Perbatasan Meksiko di Luar Perkiraan Trump

Pingit Aria
10 Februari 2017, 09:47
Trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Pembangunan tembok di perbatasan Amerika Serikat (AS) – Meksiko ternyata butuh biaya yang sangat besar. Menurut perhitungan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, pembangunan tembok ini bisa mencapai US$ 21,6 miliar atau sekitar Rp 287,56 triliun.

Uang sebanyak itu di Indonesia bisa digunakan untuk membangun empat proyek kereta cepat sekaligus. Ini jika berpatokan pada nilai proyek kereta cepat Jakarta – Bandung yang “hanya” US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 73,22 triliun.

Advertisement

Tak hanya mahal, konstruksi pembangunan tembok ini juga akan memakan waktu hingga 3,5 tahun. Demikian laporan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, yang didapat Reuters, Jumat (10/2). 

(Baca juga: Donald Trump Marah Nordstrom Berhenti Jual Lini Busana Puterinya)

Yang menarik, besarnya nilai proyek hasil kajian Departemen Keamanan Dalam Negeri AS ini ternyata hampir dua kali lipat dari perkiraan Trump sendiri yakni  US$ 12 miliar atau sekitar Rp 159 triliun. Juga lebih mahal dari perkiraan Anggota Parlemen AS dari Partai Republik, yang memperkirakan akan mencapai US$ 15 miliar.

Tingginya biaya pembangunan tembok ini karena ada pembebasan lahan yang harus dilakukan. Pembangunan tembok ini dilakukan dalam 3 tahap per wilayah, dan akan menutup seluruh wilayah perbatasan AS-Meksiko sepanjang 2.000 kilometer pada akhir 2020. Saat ini, baru 1.046 kilometer wilayah perbatasan AS-Meksiko yang dibentengi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement