Chandra Asri Investasi Rp 80 Triliun, Menperin Janjikan Insentif

Image title
10 Februari 2017, 19:23
Katadata Petrokimia
www.barito.co.id

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) menyatakan komitmen investasinya sebesar US$ 6 miliar atau sekitar Rp 80 triliun untuk memperbesar kapasitas produksinya hingga dua kali lipat pada 2021. Investasi besar-besaran tersebut tujuannya untuk memenuhi kebutuhan cairan kimia pelarut naphtha crakers yang selama ini dipenuhi melalui impor.

Untuk mendukung rencana itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berjanji memberikan insentif. “Kalau memang bisa komitmen US$ 6 miliar, kami upayakan dapat tax holiday,” kata Airlangga usai pertemuan di kantornya, Jumat (10/2).

Advertisement

Selain itu, pemerintah juga kan memberikan bea masuk tambahan (safe guard) sebagai bentuk perlindungan terhadap CAP manakala menghadapi banjirnya produk sejenis dari luar negeri yang memperoleh dumping dari negara asalnya. “Kami harus sedikit lebih berani juga. Produk plastik banjir impor, sedangkan kalau ekspor kena dumping dimana-mana,” katanya.

(Baca juga: Dipanggil Jokowi, Darmin Yakin Ekonomi Bisa Tumbuh Sampai 5,8 Persen)

Vice President Corporate Relation Chandra Asri, Suhat Miyarso mengungkapkan bahwa saat ini perusahaannya memiliki fasilitas di Ciwanda; Cilegon dan Puloampel, Serang, Banten. Dari US$ 6 miliar yang dijanjikan, investasi yang akan digelontorkan pada tahap awal tahun ini sebesar US$ 150 juta.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement