Lima Kota Bakal Jadi Acuan Perizinan Rumah Murah

Ameidyo Daud Nasution
13 Februari 2017, 18:45
KPR rumah
Arief Kamaludin|KATADATA

Perizinan rumah murah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan dibuat mengacu kepada lima kota di Indonesia. Hal ini merupakan arahan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kepada para menteri terkait.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan lima kota tersebut adalah Surabaya, Tangerang Selatan, Balikpapan, Makassar, serta Temanggung.

Menurut Basuki perizinan dalam membangun rumah murah di kota-kota tersebut hanya satu hari. "Pak Wapres tadi meminta Menteri Dalam Negeri susun aturan (bagi daerah) mengacu lima kota itu," kata Basuki usai rapat di Istana Wakil Presiden, Senin, 13 Februari 2017.

(Baca juga: Bangun Rumah Murah, Pemerintah Sasar Lahan BUMN)

Di antara para menteri yang hadir ada Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil 

Basuki menjelaskan kebijakan ini untuk merespons berjalannya paket kebijakan ekonomi 13. Di mana, pemerintah pusat telah melakukan deregulasi dengan memangkas 44 perizinan menjadi 11 perizinan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...