Pengembangan Industri di Masela Butuh Jaminan Harga dan Alokasi Gas

Anggita Rezki Amelia
14 Februari 2017, 19:39
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Kemenperin Minta Harga dan Pasokan Gas Masela Terjamin Untuk Industri

Kementerian Perindustrian berupaya mendorong pengembangan hilirisasi industri gas di kawasan sekitar Blok Masela. Untuk merealisasikan hal ini, butuh adanya jaminan kepastian pasokan dan harga gas yang kompetitif dari Blok Masela.

Advertisement

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan salah satu industri yang akan dikembangkan di wilayah tersebut adalah petrokimia berbasis gas. Agar industri ini bisa berkembang di wilayah tersebut, maka dibutuhkan formula harga yang sesuai dengan keekonomian dan pasokan gas yang terjamin.

''Industri petrokimia bisa dibangun kalau harga dan suplai gasnya terjamin,'' kata dia di Jakarta, Selasa (14/2). Kementerian Perindustrian meminta gas dari Blok Masela dialokasikan sebesar 474 juta kaki kubik per hari (mmscfd) untuk industri. (Baca: Lokasi Sumur di Lepas Pantai, Harga Gas Masela Lebih Mahal)

Airlangga pernah mengatakan pemerintah akan membangun industri petrokimia berbasis gas di wilayah sekitar Blok Masela. Total investasi untuk pembangunan industri ini mencapai US$ 3,9 miliar atau sekitar Rp 52 triliun.

Investasi ini juga akan mendukung berdirinya pabrik metanol dan turunannya. Proyek ini diharapkan mampu menyerap sekitar 39 ribu tenaga kerja langsung dan sebanyak 370 ribu tenaga kerja tidak langsung. 

“Industri petrokimia di Blok Masela akan memberi nilai tambah sebesar US$ 2 miliar dan mampu mengurangi impor hingga US$ 1,4 miliar dari substitusi komoditas turunan gas alam dan metanol,” ujarnya. Angka ini belum termasuk pendapatan perpajakan yang dapat mencapai sekitar US$ 250 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement