Pacu Ekspor, Pemerintah Naikkan Pembiayaan UKM Hingga 52 Persen

Image title
15 Februari 2017, 09:00
DBS Bukalapak
Donang Wahyu|KATADATA

Pemerintah menginstruksikan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Bank Exim meningkatkan pembiayaan bagi industri kecil dan menengah (IKM). Ini merupakan upaya pemerintah menggenjot ekspor produk-produk IKM tahun ini.

Direktur Eksekutif LPEI Susiwijono Moegiarso mengatakan total realisasi pembiayaan yang disalurkan Bank Exim sepanjang tahun lalu mencapai Rp 88,4 triliun. Dari jumlah tersebut sebesar Rp 10,5 triliun diantaranya didistribusikan untuk industri kecil dan menengah.

Advertisement

“Tahun ini kami diminta untuk meningkatkan porsi pembiayaan sebesar Rp 102,6 triliun, dengan target untuk IKM naik menjadi 51-52 persen, sehingga diharapkan mencapai Rp15-16 triliun,” ujarnya di Jakarta, Selasa (14/2). (Baca: 17 Bank Swasta Belum Penuhi Target Penyaluran Kredit UMKM)

Peningkatan pembiayaan ini merupakan salah satu komitmen yang disepakati dalam nota kesepahaman (MoU) antara LPEI dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Penandatangan MoU yang dilakukan hari ini, bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk IKM. Perjanjian yang berlaku untuk jangka waktu tiga tahun ini merupakan realisasi dari MoU antara Kemenperin dan Kemenkeu.

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan ada sejumlah kerja sama yang akan dilakukan berdasarkan MoU ini. Beberapa diantaranya penyediaan dan pertukaran data serta informasi IKM yang berorientasi ekspor. Kedua pihak juga sepakat melakukan sosialisasi dan implementasi fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi, penyediaan jasa konsultasi. Ini meliputi pelatihan, bimbingan teknis, promosi, dan pendampingan, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi secara berkala.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement