Fasilitas Kilang Balongan Senilai Rp 1,8 Triliun Mulai Dibangun

Anggita Rezki Amelia
16 Februari 2017, 16:32
Kilang Balongan
Katadata

PT Pertamina (Persero) mulai membangun fasilitas penunjang Kilang Balongan di Jawa Barat. Investasi senilai Rp 1,79 triliun ini bertujuan mendukung efisiensi proses produksi dan distribusi kilang tersebut.

Pembangunan fasilitas penunjang itu ditandai dengan acara peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Kamis (16/2). Fasilitas itu berupa jaringan pipa bawah laut atau submarine pipe line (SPL) dan single point mooring (SPM). 

“Saya mengapresiasi Pertamina melakukan kemajuan terhadap kilangnya, seperti halnya proyek SPL atau SPM ini,” kata Jonan, yang dalam acara itu didampingi oleh Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Yenni Andayani, berdasarkan siaran persnya, Kamis (16/2). 

(Baca: Pertamina Targetkan Impor Avtur Turun 60 Persen dari Kilang Balongan)

Dengan adanya fasilitas ini, harapannya efektivitas kegiatan bongkar muat meningkat dan biaya transportasi minyak mentah dapat ditekan karena waktu sandar kapal tangker menjadi lebih singkat. Selain itu, fasilitas SPL dan SPM ini mendukung kegiatan operasional yang ramah lingkungan. 

Proyek ini meliputi pekerjaan offshore (lepas pantai) dan onshore (darat). Pekerjaan offshore meliputi pembangunan SPL berdiameter 32 inci dengan panjang 15,2 kilometer  dan SPM berkapasitas 165 ribu dead weight tonnage (DWT).

Sedangkan pekerjaan onshore antara lain meliputi pembangunan pipa bawah tanah berdiameter 32 inci dengan panjang 500 meter, pembangunan 1 unit tangki baru berkapasitas 22 ribu kiloliter, modifikasi tangki, serta pemasangan flushing dan pigging system.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...