Dikebut, Pemerintah Targetkan Tol Solo-Ngawi Beroperasi Juni 2017

Safrezi Fitra
21 Februari 2017, 13:43
Tol Salatiga Bawen
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Foto ilustrasi pekerja menggarap pembangunan Tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (26/1).

Pembangunan proyek jalan tol Trans Jawa dikebut, terutama untuk ruas Solo–Ngawi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penyelesaian ruas tol ini bisa lebih cepat enam bulan dari rencana awalnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sebenarnya ruas tol Solo–Ngawi direncanakan bisa baru bisa beroperasi penuh paling lambat awal 2018. Namun, kementerian terus mengupayakan agar tol sepanjang 90,25 kilometer (km) ini bisa dilalui kendaraan saat musim mudik Lebaran pada Juni 2017.

Advertisement

(Baca: Jokowi Targetkan Tol Batang-Semarang Dilalui Mudik Lebaran 2017)

Untuk memastikan akselesarasi proyek ini, Menteri Basuki meninjau langsung pembangunannya, kemarin (20/2). Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumberdaya Air Hari Suprayogi, Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayanto dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja, juga ikut menemani Basuki.

Mereka menyusuri ruas tol tersebut mulai dari Kartosuro hingga Ngawi. Pada beberapa titik, Basuki berhenti dan turun untuk melihat kualitas pekerjaan, mendengarkan penjelasan dari pelaksana proyek, dan memberikan arahan terkait kendala yang dihadapi. 

"Ini kunjungan saya yang kelima untuk mengecek progres pembangunan jalan tol Solo - Ngawi. Ditargetkan bisa dilalui pemudik dari Kartosuro-Ngawi untuk menghindari kemacetan di sekitar Kota Solo yang padat," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa (21/2). 

Pada Mei mendatang Basuki akan kembali melihat perkembangan proyek tersebut. Menurutnya, dengan turun ke lapangan, berbagai masalah yang menghambat proyek, dapat segera dicarikan solusinya.  dengan tetap berpegang pada peraturan dan prosedur yang berlaku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement