Jokowi Minta ESDM Cari Jalan Terbaik Selesaikan Masalah Freeport

Ameidyo Daud Nasution
21 Februari 2017, 20:35
freeport 1.jpg
Dok Freeport

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengaku dirinya telah menerima arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana gugatan PT Freeport Indonesia ke pengadilan arbitrase internasional. Jokowi berpesan agar Kementerjan ESDM mencari jalan terbaik serta tidak melanggar hukum dalam persoalan ini.

Arcandra menjelaskan pihaknya saat ini masih mencari jalan keluar terbaik untuk mengatasi persoalan antara pemerintah dengan Freeport. Dalam proses dialog yang berjalan saat ini, ada perdebatan yang cukup alot antara pemerintah serta perusahaan tambang Amerika Serikat tersebut.

Advertisement

"Arahan Presiden Jokowi cari jalan terbaik serta tidak melanggar hukum," kata Arcandra saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2). (Baca: Jokowi Serahkan Persoalan Freeport kepada Jonan)

Sebenarnya, kata dia, saat ini pemerintah harus siap menghadapi rencana gugatan Freeport di pengadilan arbitrase internasional. Namun, dia berharap langkah tersebut menjadi upaya terakhir apabila kedua belah pihak tidak dapat menemukan solusi terbaik.

Arcandra juga mengaku belum mengetahui apa konsekuensi yang akan terjadi seandainya Indonesia kalah dalam gugatan tersebut. Dia hanya memastikan saat ini pemerintah mencari jalan terbaik bagi Indonesia dan Freeport. Namun di sisi lain kedaulatan negara tetap harus dijaga.

"Kita lihat lagi nanti, saya juga belum tahu gugatan mereka ke arbitrase (seperti apa)," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement