Tol Danau Toba dan Serang-Panimbang Dibangun Semester Ini

Ameidyo Daud Nasution
22 Februari 2017, 14:25
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menargetkan proses konstruksi dua ruas jalan tol baru dapat dimulai pada semester I tahun ini. Kedua tol itu adalah ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Danau Toba), serta Serang-Panimbang (Banten).

Kepastian ini sejalan dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ditandatangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan sejumlah BUJT. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, setelah perjanjian diteken maka BUJT dapat langsung bekerja mempersiapkan konstruksi ruas-ruas jalan tol tersebut.

Advertisement

"Jadi selesai PPJT, tidak ada santai, langsung bekerja," katanya, saat acara penandatanganan proyek jalan tol di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/2). (Baca: Dikebut, Pemerintah Targetkan Tol Solo-Ngawi Beroperasi Juni 2017)

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol Kuala Namu hingga Parapat akan digarap oleh tiga perusahaan konstruksi BUMN, yaitu PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Toll Road, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sedangkan tol Serang-Panimbang akan digarap oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk bersama dengan PT PP (Persero) Tbk, dan PT Jababeka Tbk.

Mengenai spesifikasinya, tol Serang-Panimbang memiliki panjang 84 kilometer dengan nilai investasi Rp 5,3 triliun. Sedangkan tol Kuala Tanjung-Parapat merupakan perpanjangan dari ruas tol Tebing Tinggi-Parapat dengan jarak 143 kilometer. Adapun, nilai investasi proyek tersebut mencapai Rp 13,4 triliun.

(Baca: Pemerintah Siap Gandeng Swasta Garap 22 Proyek Infrastruktur)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement