Jokowi - Ahok Semobil Tinjau Proyek Semanggi dan MRT Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
23 Februari 2017, 18:22
Jokowi kunjungi MRT
Kris/Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berbincang saat meninjau perkembangan proyek MRT di Jakarta, Kamis (23/2).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung perkembangan pesat dua proyek infrastruktur di Provinsi DKI Jakarta, yaitu proyek Simpang Susun Semanggi dan angkutan massal Mass Rapid Transit (MRT), Kamis (23/2). Ia ditemani oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Momen ini berlangsung di tengah desakan berbagai kalangan agar Presiden memberhentikan Ahok karena menjadi tersangka kasus penodaan agama.

Jokowi tiba di Proyek Simpang Susun Semanggi pada pukul 10.45 WIB. Kedatangannya disambut oleh Ahok, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Bintang Perbowo.

Jokowi lalu mendengarkan penjelasan soal kemajuan proyek senilai Rp 360 miliar tersebut dari duo Basuki, yaitu Menteri PUPR dan Gubernur DKI. Selanjutnya, Jokowi, Ahok, serta Basuki menuju bagian atas proyek dengan total panjang 1,8 kilometer itu.

Presiden mengatakan, simpang susun ini akan rampung pada pertengahan tahun ini. Dengan keberadaan simpang susun tersebut, dia optimistis kemacetan di kawasan Semanggi dapat berkurang hingga 40 persen. (Baca: Kemenhub Ingin Kembangkan Transportasi Kanal dan MRT Jakarta)

 

Jokowi juga senang karena pembangunan simpang susun ini tidak menghilangkan nilai sejarah Jembatan Semanggi. "Ini akan jadi solusi kemacetan di titik ini selama bertahun-tahun," ujarnya.

Tak lupa, Jokowi melempar pujian kepada Wijaya Karya yang bergerak cepat menyelesaikan proyeknya. "Saya dengar penjelasan Menteri PU dan Gubernur DKI Jakarta. Saya acungkan jempol kepada Wika (Wijaya Karya) dengan cara cepat kerjanya," kata Presiden.

(Baca juga: Hitungan KPU Hampir Rampung: Ahok 43 Persen, Anies 40 Persen)

Setelah memberikan keterangan, Jokowi bersama Ahok meninjau perkembangan proyek MRT. Dua orang yang pernah menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berada dalam satu mobil sedan kepresidenan RI 1 menuju Stasiun MRT Setiabudi.

Kedatangan Jokowi - Ahok pada pukul 11.05 WIB itu disambut oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, serta Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...