Serahkan Bantuan Non-tunai, Jokowi: Biar Tidak Dikorupsi

Ameidyo Daud Nasution
23 Februari 2017, 14:46
Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Jokowi memegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai secara serentak seluruh Indonesia. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis pada 1.879 keluarga.

Pada masyarakat yang hadir, Jokowi menjelaskan bahwa kini bantuan pangan diserahkan secara non tunai agar lebih tepat sasaran. “Dulu saja bisa bantuan (beras) seharusnya 10 kilogram malah diberikan 5 kilogram, sekarang non tunai lewat perbankan biar tidak dikorupsi," katanya di Gelanggang Olahraga Popki Cibubur, Jakarta, Kamis (22/2).

Program ini merupakan pengembangan dari Program Beras Sejahtera (Rastra) dan diberikan secara non tunai dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Besaran bantuan pemerintah adalah Rp 110 ribu tiap bulannya.

(Baca juga: Pemerintah Salurkan Beras dan Gula Subsidi Lewat Kartu di 44 Kota)

Saldo dalam kartu tersebut nantinya dapat digunakan di warung elektronik (e-warong) yang dikerjasamakan dengan bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). 

E-warong ini terdiri dari pedagang, agen bank, dan pihak lainnya yang ditetapkan sebagai tempat pembelian BPNT (Bantuan Pemerintah Non Tunai). Adapun warung elektronik tersebut saat ini akan menjual keperluan pokok seperti beras serta gula dengan harga terjangkau.

Masyarakat penerima sendiri pun dipermudah untuk membuat rekening bank agar penyaluran berlangsung lancar. Sosialisasi juga dilakukan untuk bertransaksi dalam menggunakan KKS serta pengambilan bantuan di e-warong.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa program ini menyasar 1,28 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total anggaran mencapai Rp 1,7 triliun.

(Baca juga:  Kemendag Pastikan Harga Gula Turun Sebelum April)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...