Indonesia Sasaran Penyelamatan Terumbu Karang

Jeany Hartriani
24 Februari 2017, 21:25
Ikan laut
ANTARA FOTO/Rahmad
Kapal nelayan melintasi perairan Selat Mala di Lhokseumawe, Aceh, Minggu (5/2/2017)

Hari kedua World Ocean Summit (WOS) fokus pada dampak perubahan iklim terhadap laut yang dibahas dari berbagai perspektif. Sesi diawali dengan pemaparan kajian ilmiah yang diberikan oleh Ove Hoegh-Guldberg, Direktur Global Change Institute dari University of Queensland. Ia menyatakan perubahan iklim terbukti mengganggu kestabilan ekosistem di laut.

 Seminar dilanjutkan dengan pengumuman inisiatif penyelamatan 50 wilayah terumbu karang dunia. Gerakan yang dinamakan 50 Reefs Initiative ini melibatkan para pemimpin di sektor kelautan, ilmuan, dan praktisi konservasi.

Penyelamatan penting dilakukan karena terumbu karang merupakan ekosistem utama spesies di lautan. Jika tidak langkah penyelamatan, diperkirakan 90 persen karang dunia akan hancur pada 2050. Indonesia sebagai lokasi segitiga terumbu karang dunia, menjadi aslah satu sasaran gerakan tersebut. Selain karang, juga diumumkan inisiatif penyelamatan bakau dunia.

Sesi berikutnya membedah kebijakan mitigasi perubahan iklim sebagai tindak lanjut kerangka kerja PBB tentang perubahan iklim ke-21 (Conference of Parties/COP21) di Paris dan COP22 di Marrakesh. Diskusi diisi oleh petinggi The Nature, Kementerian Luar Negeri Chili, dan direktur Washington State Office of Financial Management. Masalah iklim juga dikaji dari aspek risiko pembiayaan. Ikut serta dalam diskusi ini perwakilan lembaga investasi perbankan internasional.

WOS juga menghadirkan para generasi muda yang melakukan langkah nyata dalam lingkungan berkelanjutan. Hadir dalam sesi ini Melati dan Isabel Wijsen, dua saudara asal Bali yang membuat gerakan bebas sampah plastik yang dinamakan Bye Bye Pastic Bags. Selain itu juga ada Daniela Fernandez, pendiri Sustainable Oceans Alliance, suatu aliansi generasi millenial yang menyoroti pentingnya perlindungan laut dari dampak industri. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...