Bulan Depan, Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta Rampung

Maria Yuniar Ardhiati
27 Februari 2017, 10:46
Kereta bandara
ANTARA FOTO/Lucky R.

PT Angkasa Pura II menargetkan pembangunan stasiun kereta di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, akan rampung pada Maret mendatang. Setelah beroperasi, penumpang pesawat dari Stasiun Manggarai hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk tiba di bandara internasional tersebut.

"Penyelesaiannya Maret atau bersamaan dengan selesainya pembangunan stasiun skytrain," ujar Direktur Utama Angkasa Pura II, Mihammad Awaluddin, melalui siaran persnya, Minggu (26/2).

Advertisement

Ia mengklaim, operasional kereta bandara penting untuk mendukung konektivitas transportasi dari Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya. Alhasil, penggunaan kendaraan pribadi kelak berkurang dan kepadatan lalu lintas menurun.

Awaluddin memprediksi waktu tempuh penumpang dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, menuju Bandara Soekarno Hatta dengan kereta bandara hanya 45 menit. (Baca: Bandara Soekarno Hatta Bakal Dilalui Skytrain pada Juni 2017)

Awaluddin mengungkapkan, hingga awal Februari, pembangunan stasiun kereta bandara yang membutuhkan investasi Rp 160 miliar itu mencapai 85 persen. Ia menyebut capaian tersebut sesuai dengan jadwal sejak proyek dimulai pada Juni 2015.

Angkasa Pura II menjelaskan, stasiun itu dirancang terhubung dengan stasiun Skytrain. Sehingga, para penumpang, pengunjung, maupun pengguna lain bandara dengan kereta cepat bisa memilih Skytrain untuk menuju ke Terminal 1, 2, atau 3.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement