PUPR Targetkan Bendungan Pertama 2017 Siap Dibangun April

Ameidyo Daud Nasution
27 Februari 2017, 17:49
Waduk Jatibarang, Jawa Tengah
Arief Kamaluddin | Katadata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan akan segera masuk tahap konstruksi pada April mendatang. Jika berjalan sesuai jadwal, proyek ini menjadi bendungan pertama yang dibangun tahun ini, selain delapan proyek bendungan lainnya.

"Maret mudah-mudahan selesai (penandatanganan kontrak), setelah itu April paling tidak (konstruksinya)," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui usai menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) di Jakarta, Senin (27/2).

Advertisement

(Baca: Lebih Cepat, Proyek Bendungan Kembar di NTB Rampung Tahun Ini)

Dia mengatakan tahun ini pemerintah akan membangun sembilan bendungan di seluruh Indonesia. Selain Pamukkulu, ada juga Bendungan Sidan di Bali, Tiga Dihaji (Sumatera Selatan), Way Apu (Lampung), Lausimeme (Sumatera Utara), Rukoh (Aceh), Temef (Nusa Tenggara Timur), Baliem (Papua), serta Bener (Jawa Tengah).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengatakan kementerinanya memang menargetkan salah satu proyek bendungan tahun ini dibangun pada semester I. Sedangkan delapan bendungan lainnya akan dikerjakan pada paruh tahun kedua.

Menurutnya jadwal pembangunan proyek ini terkait erat dengan kesiapan lahan yang akan digunakan, kondisi geologi, serta desain bendungan yang akan dibangun. Dia mengaku hingga saat ini masih banyak proyek bendungan tersebut masih dalam proses desain. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement