DBS Ramal Bunga The Fed Naik 4 Kali, Rupiah Terancam Melemah

Image title
28 Februari 2017, 18:33
bank dbs
KATADATA
bank dbs

Ekonom DBS Group Research Gundy Cahyadi memprediksi suku bunga The Fed atau Fed Fund Rate bisa naik hingga empat kali tahun ini. Pasalnya, pemulihan perekonomian Amerika Serikat (AS) terus berlanjut.

 “Kami di tim DBS memprediksikan kemungkinan the Fed akan menaikan empat kali suku bunga pada 2017 atau sebesar 100 basis poin,” kata Gundy di The Hermitage Hotel, Jakarta, Selasa (28/2).

Gundy mengatakan bahwa prediksi tim riset DBS didasarkan pada tingkat inflasi pada pada pekan pertama Januari tingkat inflasi bahkan mencapai 2,5 persen. Angka itu telah melampaui target yang ditetapkan, yakni 2 persen.

(Baca juga: Tekanan Arus Keluar Dana Asing di Bursa Saham)

Selain itu, pasar tenaga kerja di AS telah kembali ke masa sebelum krisis yakni tahun 2008, di mana tingkat pengangguran sangat rendah atau terjadi full-employment. Makanya, pertumbuhan ekonomi AS tahun ini diprediksi akan melampaui pertumbuhan selama 3 tahun terakhir.

Kenaikan suku bunga The Fed akan berdampak pada menguatnya dolar AS. Sehingga, nilai tukar rupiah sendiri diprediksikan bisa menyentuh angka Rp 13.800 per dolar AS atau melemah sekitar 3 persen pada penutup tahun ini.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...