Fokuskan Potensi Daerah, Jokowi Contoh Wisata Golf di California

Ameidyo Daud Nasution
28 Februari 2017, 15:02
Jokowi Kacang Mete
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi saat mengunjungi pabrik pengolahan kacang mete PT Comextra Majora di Makasar, Sulawesi Selatan, 27 November 2016.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong semua daerah fokus mengembangkan sektor tertentu dan tidak mengejar pengembangan seluruh sektor. Dengan begitu, daerah bisa mengembangkan dan menghidupkan perekonomiannya sesuai dengan potensinya masing-masing.

Jokowi mencontohkan strategi pengembangan daerah di negara-negara lain. Misalnya di Amerika Serikat, pemerintah daerah California mengembangkan wisata golf di Sunnylands. Tempat ini memiliki 34 lapangan dan menjadi salah satu destinasi golf terbaik di dunia.

Advertisement

Presiden berharap, strategi serupa dikembangkan di Indonesia dengan memperhatikan sektor unggulan masing-masing daerah. "Kami ingin semua provinsi fokus kembangkan keunggulannya," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (28/2).

Sebagai perbandingan, Jokowi mengambil contoh salah satu provinsi yakni Maluku Utara yang fokus mengembangkan sektor kelautan, maritim, serta industri pengolahan. Apabila hal ini berhasil dilakukan maka daerah tersebut akan maju dan berdaya saing.

"Apalagi secara ekonomi, Maluku Utara memiliki pertumbuhan di atas rata-rata nasional yakni 5,7 persen," katanya.

Namun, Jokowi juga mengingatkan bahwa pemerintah pusat dan daerah perlu fokus untuk membenahi permasalahan daerah, seperti infrastruktur. Salah satu yang disorotinya adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai yang memerlukan dukungan sarana infrastruktur, seperti pelabuhan hingga penyimpanan berpendingin (cold storage).

UNtuk mencapai tujuan tersebut, Presiden juga menekankan pentingnya ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM).  "Pendidikan vokasional juga diperlukan agar mendapatkan SDMberkualitas," katanya.

Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement