Perombakan Struktur Organisasi, SKK Migas Miliki 9 Pimpinan

Anggita Rezki Amelia
28 Februari 2017, 19:46
SKK Migas
Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan merombak struktur organisasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Perombakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No. 17 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja SKK Migas yang menggantikan Peraturan Menteri ESDM No. 9 tahun 2013.

Dalam struktur baru tersebut, SKK Migas dipimpin oleh Kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Kepala SKK Migas didampingi delapan unsur pimpinan: Wakil Kepala, Sekretaris, Pengawas Internal, Deputi Perencanaan, Deputi Operasi, Deputi Keuangan dan Monetisasi, Deputi Pengendalian Pengadaan, dan Deputi Dukungan Bisnis.

Advertisement

(Baca: Menteri Jonan Rombak Pimpinan SKK Migas)

Hal ini berbeda dengan aturan lama yang tidak menyebut adanya unsur pimpinan. “Susunan organisasi SKK Migas merupakan Unsur Pimpinan SKK Migas,” seperti ditulis dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 tahun 2017.

Beberapa nomenklatur juga berubah. Sebagai gambaran, dalam aturan lama SKK Migas terdiri dari  Kepala, Wakil Kepala,  Sekretaris, Pengawas Internal, Deputi Pengendalian Perencanaan,  Deputi Pengendalian Operasi, Deputi Pengendalian Keuangan, Deputi Pengendalian Komersial, dan  Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis.

Jika mengacu aturan tersebut, artinya ada deputi yang dihapus yakni Deputi Pengendalian Komersial. Sebagai gantinya ada posisi deputi baru yakni Deputi Pengendalian Pengadaan. Tugasnya mengelola pengadaan barang dan jasa, rantai suplai, tingkat komponen dalam negeri, pengawasan dan analisis biaya, serta pengelolaan aset barang milik negara yang dikelola oleh kontraktor.

Deputi Pengendalian Pengadaan ini memiliki tiga divisi. Ketiga divisi itu adalah Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya, Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa, dan Divisi Pengelolaan Aset.

Perubahan struktur lainnya adalah divisi-divisi yang ada di bawah deputi. Di Deputi Pengendalian Perencanaan, Divisi Pengkajian dan Pengembangan berganti menjadi Divisi Teknologi dan Pengembangan Lapangan. Kemudian Divisi Pengendalian Program dan Anggaran dipecah dua: Divisi Program Kerja dan Divisi Rencana Anggaran.

Divisi di Deputi Pengendalian Operasi juga berubah. Divisi Penunjang Operasi berubah menjadi Divisi Penunjang Operasi dan Keselamatan Migas. Divisi Survei dan Pemboran jadi Divisi Operasi Pengeboran dan Perawatan Sumur. (Baca: Evaluasi Kinerja SKK Migas, Jonan Belum Copot Amien)

Deputi Keuangan dan Monetasi hanya mempertahankan nama Divisi Akuntansi. Divisi Risiko dan Perpajakan, Divisi Pemeriksaan Biaya Operasi, Divisi Pemeriksaan Penghitungan Bagian Negara dihapus. Adapun divisi baru yakni Strategi Bisnis, Manajemen Risiko, Perpajakan, Divisi Audit Kontraktor Kontrak Kerja Sama Eksplorasi, Divisi Audit Kontraktor Kerja Sama Eksploitas, dan Divisi Monetisasi Migas.

Divisi di Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis juga mengalami perubahan. Divisi Sumber Daya Manusia menjadi Divisi Sumber Daya Manusia dan Securiti Operasi Minyak dan Gas Bumi. Divisi Pertimbangan Hukum dan Formalitas hanya berubah Divisi Hukum. Divisi Pengelolaan Rantai Suplai, Divisi Manajemen Sistem Informasi dihapus. Kemudian ada tambahan Divisi Formalitas dan Perwakilan SKK Migas.

Perwakilan SKK Migas di daerah terdiri atas empat bagian. Mereka adalah Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Utara, Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan, Perwakilan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi, Perwakilan SKK Migas Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Divisi yang ada di bawah Sekretaris juga berubah. Awalnya hanya Bagian Program dan Pelaporan, Bagian Hubungan Masyarakat, dan Bagian Internal. Namun semuanya dihapus digantikan Divisi Program dan Komunikasi, Divisi Sumber Daya Manusia, Divisi Manajemen Strategis dan Teknologi Informasi, serta Divisi Fasilitas Kantor dan Keuangan.

Selain itu, divisi yang ada di Pengawas Internal semuanya dihilangkan. Begitu juga dengan Management Representatives yang selama ini menjadi representasi SKK Migas di kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement