Proyek Infrastruktur di Jawa Tengah Terkendala Lahan BUMN

Ameidyo Daud Nasution
28 Februari 2017, 20:53
Tol Salatiga Bawen
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Foto ilustrasi pekerja menggarap pembangunan Tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (26/1).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah dikebut. Hanya saja, beberapa proyek masih terkendala lahan.

Menurut Jokowi, infrastruktur di Jawa Tengah wajib dikembangkan untuk menopang sektor pariwisata, pertanian, maupun industri pengolahan. Jokowi menjelaskan hingga saat ini industri pengolahan berkontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yakni 34,8 persen. Disusul oleh sektor pertanian dengan kontribusi 15 persen.

Advertisement

"Yang paling penting itu infrastruktur konektivitas. Kedua adalah percepatan pengembangan kawasan industri yang terintegrasi," kata Jokowi dalam rapat terbatas tentang proyek strategis di kantornya, Selasa (28/2).

(Baca juga: Tiga Bandara Baru di Maluku Utara Rampung Tahun Depan)

Hanya saja, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan bahwa saat ini masih ada beberapa proyek infrastruktur di daerahnya yang masih terkendala lahan. Di antara proyek tersebut adalah pengembangan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dan pembangunan beberapa ruas jalan tol. "Lahan ini memang yang paling utama menyita energi," kata Ganjar usai rapat.

Untuk pengembangan pelabuhan Tanjung Emas misalnya, Ganjar menjelaskan masih ada lahan milik swasta di kanan dan kiri lokasi proyek yang belum bebas. Namun Ganjar menjelaskan hal tersebut akan segera diselesaikan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement