Arcandra Bantu Pertamina Kelola Lapangan Migas Jumbo di Iran

Miftah Ardhian
1 Maret 2017, 14:22
Migas
Dok. Chevron

Pemerintah berharap PT Pertamina (Persero) dapat mengelola dua lapangan minyak di Iran. Alasannya, lapangan Ab-teymour dan Mansouri memiliki jumlah cadangan minyak yang cukup besar.

Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, jumlah cadangan di dua lapangan tersebut di atas 3 miliar barel. Angka itu hampir mencapai seluruh cadangan minyak di Indonesia saat ini yang sebesar 3,8 miliar barel. “Cadangannya besar sekali, untuk itu kami berusaha mendapatkannya," ujar dia di Jakarta, Rabu (1/3).

(Baca: Pertamina Serahkan Proposal Pengembangan 2 Lapangan Migas di Iran)

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah terus melobi Iran untuk memuluskan jalan Pertamina. Lobi dilakukan Arcandra saat kunjungan bilateral ke Iran dan bertemu Menteri Information and Communications Technology (ICT) Iran beberapa hari lalu.

Di sisi lain, Arcandra mengaku, Pemerintah Iran menyambut baik keinginan tersebut. "Di semua pertemuan, termasuk dengan Menteri ICT, kami sampaikan kalau bisa Pertamina mengelola lapangan itu," ujarnya.

Jika keinginan itu dikabulkan, Pertamina akan bermitra dengan perusahaan lokal asal Iran untuk mengelola dua lapangan migas tersebut. Namun, Arcandra berharap, minyak hasil produksinya bisa di bawa ke Indonesia sehingga meningkatkan produksi minyak Pertamina.

Apalagi dua lapangan tersebut diperkirakan dapat memproduksi di atas 300 ribu barel per hari. “Tapi nanti kami lihat peraturannya seperti apa (bisa dibawa ke Indonesia seluruh nya atau tidak)," ujar Arcandra.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...