Jonan Angkat Wakil Arcandra di Petroneering Jadi Pejabat ESDM

Anggita Rezki Amelia
1 Maret 2017, 09:00
Jonan Arcandra
Katadata | Arief Kamaludin

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengangkat Prahoro Yulijanto Nurtjahyo sebagai Staf Ahli Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur. Ia sebelumnya pernah menjadi rekan bisnis Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Prahoro sempat menjadi Wakil Presiden Petroneering, yang merupakan perusahaan konsultan dan pengembangan teknologi untuk pengeboran minyak lepas pantai (offshore). Adapun, Presiden perusahaan yang bermarkas di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), ini adalah Arcandra, sebelum kemudian menjadi Wakil Menteri ESDM pada tahun lalu. 

Advertisement

Prahoro dilantik bersama 24 orang pejabat baru di lingkungan Kementerian ESDM pada Selasa (28/2). Pejabat Pimpinan Tinggi Madya sebanyak dua orang, Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak enam orang, Pejabat Adminstrator sebanyak dua orang dan Pejabat Pengawas sebanyak delapan orang.

Ada pula tujuh pejabat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Enam orang dilantik sekadar mengukuhkan jabatannya, sedangkan satu orang merupakan pejabat baru, yaitu Djoko Siswanto sebagai Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas. Sebelumnya, ia menjabat Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi pada Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi. 

Baca: Arcandra Tunjuk Staf Khusus Menteri ESDM Pekan Ini)

“Saya tugaskan Djoko untuk ke SKK Migas sebagai unsur pimpinan SKK Migas, mudah-mudahan banyak manfaatnya,” kata Jonan di sela-sela acara pelantikan di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/2).

Deputi Pengendalian Pengadaan adalah posisi baru di SKK Migas. Tugasnya melaksanakan pengelolaan pengadaan barang dan jasa, rantai suplai, tingkat komponen dalam negeri, pengawasan dan analisis biaya, serta pengelolaan aset barang milik negara yang dikelola oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement