IORA Bakal Jadi APEC di Samudera Hindia

Image title
3 Maret 2017, 18:49
Pameran UKM Ekspor
Katadata | Arief Kamaludin

Jika negara-negara di sekeliling Samudera Pasifik memiliki APEC (Asia – Pasific Economic Cooperation), maka di Samudera Hindia ada IORA (Indian Ocean Rim Association). Pertemuan pertama para pemimpin dan pelaku usaha Negara-negara anggota IORA akan berlangsung pada 5-7 Maret 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

"IORA adalah kekuatan geopolitik dan geoekonomi yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Kawasan ini adalah masa depan ekonomi dunia,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantornya, Jumat (3/3).

Enggartiasto mengungkapkan, pertemuan tersebut akan dihadiri delapan kepala negara dan Wakil kepala negara, 300 pemimpin perusahaan, dan perwakilan dari 21 negara anggota.

(Baca juga:  Indonesia - Arab Saudi Kaji Kemungkinan Perdagangan Bebas)

Menurutnya, Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan ini akan mendapat banyak keuntungan. Di antaranya dengan membuka pasar ekspor ke Negara-negara di Asia Selatan dan kawasan Afrika. Selama ini, ekspor Indonesia lebih banyak mengarah ke Negara-negara besar di sekitar Pasifik seperti Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Grafik: Nilai Ekspor Indonesia ke Negara Tujuan Utama Januari-Desember 2016
Nilai Ekspor Indonesia ke Negara Tujuan Utama Januari-Desember 2016

Apalagi, menurut Enggar, saat ini menjadi momentum yang tepat mengingat pertumbuhan ekonomi beberapa negara anggota IORA terbilang tinggi. "Bagi saya, IORA sangat strategis dan sejalan dengan strategi diversifikasi pasar tujuan ekspor," ujarnya.

Ia menyebut, perdagangan intra-regional IORA di 2015 mencapai US$ 777 miliar atau naik 300 persen dibandingkan tahun 1994 yang sebesar US$ 233 miliar. Hanya saja, 96 persen perdagangan intra-IORA dikuasai enam negara‎, yaitu Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Australia, dan Afrika Selatan.

(Baca juga: Ekspor Nonmigas Diprediksi Tumbuh 10 Persen Tahun Ini)

Adapun beberapa negara yang sedang menjadi perhatian penting pemerintah Indonesia dalam hal perdagangan‎ adalah Bangladesh, Kenya, Mozambik, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Iran.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...