Pemerintah Kerja Sama dengan Perancis Bangun 9 Kota Hijau

Safrezi Fitra
3 Maret 2017, 11:45
PUPR
Katadata | Arief Kamaludin

Pemerintah Indonesia dan Perancis akan memantapkan kerjasama dalam bidang pembangunan kota hijau yang ramah lingkungan. Melalui kerja sama ini, rencananya akan ada sembilan kota hijau yang akan dibangun di seluruh Indonesia.

Kerja sama tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Kementerian Perumahan dan Perumahan Berkelanjutan Perancis dan Kementerian Lingkungan, Energi dan Maritim Perancis. Penandatanganannya akan dilakukan bertepatan dengan kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande, yang dijadwalkan pada tanggal 29 Maret 2017. 

Advertisement

(Baca: Setelah Raja Salman, Jokowi Akan Terima Kunjungan Presiden Prancis)

"Kerjasama yang dilakukan meliputi bidang air minum, air limbah dan kota hijau (Ecodistrict) yang telah diinisiasi untuk sembilan kota di Indonesia," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat (3/3).  Terkait dengan kerja sama ini, Duta Besar Perancis Jean-Charles Berthonnet berkunjung ke Kantor Kementerian PUPR untuk menemui Basuki pada Rabu lalu. 

Sembilan kota hijau yang akan dibangun tersebut adalah Semarang, Wonosobo, Yogyakarta, Bandung, Bogor, Mataram, Purbalingga, Jombang, dan Singkawang. Dari sembilan kota itu, tiga kabupaten/kota merupakan prioritas untuk pilot project ecodistrict. Implementasinya akan dilakukan tahun ini, diawali di Kawasan Banjir Kanal Barat Kota Semarang, Kawasan Gajah Wong Kota Yogyakarta, dan Kawasan Pusat Kota di Kabupaten Wonosobo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement